Saturday 19 December 2009

KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM


KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM


Dengan merujuk pada pendidikan Islam, khususnya menyangkut materi agar relevasinkan dengan materi uraian yang telah ditetapkan Allah melalui kitab suci-Nya Al Qur’an sebagai materi bahan-bahan pokok pelajaran yang disajikan dalam proses pendidikan Islam, formal maupun non formal. Lalu materi berdasar Al Qur’an tersebut dipahami, dihayati, diyakini dan diamalkan dalam kehidupan umat islam, maka bahan-bahan itu harus diproses di dalam system kependidikan Islam.
Dasar dan watak atau sifatnya, kurikulum pendidikan Islam dipandang cermin idealitas Islami yang tersusun dalam bentuk program yang berbentuk kurikulum itu. Dari sini kita mengetahui tentang cita-cita apakah yang hendak diwujudkan oleh proses pendidikan, dengan memperhatikan program yang berbentuk kurikulum itu. Oleh karena itu:
Kita dapat mengetahui cita-cita apakah yang hendak diwujudkan oleh proses kependidikan Islam itu. Dengan kata lain produk (hasil) dari proses pendidikan Islam yang dicita-citakan berujud manusia yang bagaimana dan yang berkemampuan apa? Dan pertanyaan ini akan terjawab dalam kurikulum itu.
Pada dasarnya juga, pengertian kurikulum, secara singkat dapat diartikan sebagai segala bentuk kegiatan apa saja yang harus dilakukan bersama oleh pendidik dan manusia didik yang mengandung makna paedagosis(mendidik), baik dalam institusi formal maupun non formal. Kurikulum Islam harus punya pangkat 199

Kurikulum Pendidikan Islam: “Sebagai suatu rangkaian program yang mengarahkan kegiatan belajar mengajar terencana secara sistematis dan berarah tujuan yang mencerminkan cita-cita pendidik sebagai normadrager(pembawa norma) Islami.

No comments:

Post a Comment