Friday 21 August 2009

SKRIPSI KARTUN FISIKA

PENGARUH PENGGUNAAN KARTUN FISIKA DAN CHARTA DINAMIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 PADA MTS. WADASLINTANG WONOSOBO
TAHUN PELAJARAN 2008/2009



PROPOSAL SKRIPSI



















Disusun Oleh :
Nama : D A R S O N
NIM : 1606017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika




FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN ( F I T K )
P R O G R A M S T U D I P E N D I D I K A N F I S I K A
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ)
JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2009
PENGESAHAN

Proposal Skripsi berjudul PENGARUH PENGGUNAAN KARTUN FISIKA DAN CHARTA DINAMIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 PADA MTS. WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2008/2009 ini telah disahkan pada :
hari : …………………………………..
tanggal : ………………………………….
oleh Dosen Pembimbing I dan Dosen Pembimbing II.
Demikian Pengesahan ini dibuat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Wonosobo, …………………

Mengesahkan, Mengesahkan,
Dosen Pembimbing I, Dosen Pembimbing II,



NPU. NPU.
Mengetahui,
Ketua Program Studi Pendidikan Fisika,



DRS. SARWI, M.Si.
NPU. 1910194011
KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Allah SWT. yang atas berkah, rahmat dan hidayahNya, kami dapat menyelesaikan tugas kuliah berupa Proposal Skripsi berjudul PENGARUH PENGGUNAAN KARTUN FISIKA DAN CHARTA DINAMIS TERHADAP PRETASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 PADA MTS. WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2008/2009 ini tanpa hambatan yang berarti. Shalawat serta salam sejahtera semoga senantiasa tercurah kepada Junjungan Kita Nabi Besar Muhammad SAW. yang setiap saat kita dambakan syafa’atnya di yaumil qiyamah kelak.
Proposal Skripsi ini disusun guna sebagai langkah awal dalam proses penyusunan skripsi pada periode berikutnya, tentunya setelah Proposal Skripsi ini mendapat rekomendasi dari Dosen Pembimbing dan Ketua Program Studi yang bersangkutan.
Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak yang harus dimiliki oleh semua orang sepanjang hidupnya. Sekolah hanyalah salah satu lembaga yang menyelenggarakan proses pendidikan tersebut. Untuk mencapai output pendidikan yang lebih baik, tentu perlu terus diteliti dan dikembangkan metode-metode pembelajaran yang lebih baik dengan berorientasi pada misi, misi dan tujuan pendidikan dimaksud.
Berbagai metode pembelajaran telah banyak diaplikasikan dengan hasil yang beragam pula. Selain hal tersebut, problematika pendidikan di masing-masing sekolah juga bervariasi, sehingga kadang kala perlu dilakukan langkah-langkah penyelesaian yang spesifik untuk sekolah tertentu.
Salah satu metode pembelajaran yang kami coba adalah dengan penggunaan kartun fisika dan charta dinamis. Di mana dalam proses pembelajan ini, siswa akan dilibatkan dalam proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dengan kartun-kartun dan charta dninamis menarik yang berisi materi yang akan disampaikan pada pertemuan tersebut tanpa menghilangkan maksud dan tujuan dari pembelajaran dimaksud. Sehingga diharapkan siswa lebih termotivasi untuk belajar fisika sebagai pelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Tidak lupa pada kesempatan yang baik ini, kami ingin menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.Bapak Drs. Sarwi, M.Si., sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Fisika yang telah membuat kebijakan yang baik ini yaitu bahwa mahasiswa harus mengadakan peneleitian pendidikan dan dilaporkan dalam bentuk skripsi, sehingga diharapkan mahasiswa mempunyai kapasitas praktis metodologis dan pedagogis yang bisa diaplikasikan nantinya di lapangan;
2.Bapak Ulismanto, S.Pd., selaku Dosen Pembimbing yang telah dengan ikhlas memberikan bimbingan dan arahan kepada kami dalam proses penelitian maupun dalam proses penyusunan skripsi; dan
3.Semua pihak yang telah membantu, terutama teman-teman sekelas Fisika yang telah memberikan tukar pikiran, sehingga proposal skripsi ini dapat kami susun dengan baik.
Demi perbaikan di masa-masa mendatang, kritik dan saran komprehensif sangat kami harapkan. Dan semoga Proposal Skripsi ini dapat diterima dan direkomendasikan oleh Dosen Pembimbing dan Ketua Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Sains al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo.
Wonosobo, April 2009
Penyusun
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

A.JUDUL PENELITIAN
B.LATAR BELAKANG MASALAH
C.RUMUSAN MASALAH
D.TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
E.RUMUSAN HIPOTESA
F.INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA
G.JENIS DATA YANG DIPERLUKAN
H.TEKNIK ANALISIS DATA

1 comment: