Friday 21 August 2009

RPP-1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : SD 2 LANCAR
Kelas/Semester : I / 1
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi : 5. Mengenal tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 5.1. Menirukan ucapan rukun Islam
5.2. Menghafal rukun Islam
Waktu : 6 Jam pelajaran ( 6 x @ 35 menit)
Indikator : 1. Mampu menirukan ucapan rukun Islam
2. Mampu menghafal rukun Islam

A.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Siswa mampu menirukan ucapan rukun Islam dengan benar;
2.Siswa mampu menghafal urutan rukun Islam dengan benar.

B.MATERI PEMBELAJARAN
Rukun Islam ada lima : (1) membaca syahadat, (2) melaksanakan shalat, (3) membayar zakat, (4) berpuasa ramadan, (5) ibadah haji ke baitullah.
C.METODE PEMBELAJARAN
1.Model : Direct Instruction (DI);
2.Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
D.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.Kegiatan Pendahuluan
a.Apersepsi : Apa kepanjangan dari ISLAM?
b.Motivasi : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan rukun Islam pene-rapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (3 jam pelajaran)
a.Menyanyikan lagu berjudl “Rukun Islam” dalam rubrik serambi (klasikal);
b.Membaca cerita bergambar yang berkaitan dengan rukun Islam dan menjawab pertanyaan (individu/kelompok kecil);
c.Mendengarkan penjelasan materi tentang rukun Islam dan menirukan ucapan rukun Islam (guru/tutor sebaya);
d.Melakukan kegiatan yang berkaitan dengan rukun Islam (individu/kelompok kecil);
Pertemuan ke-2 (3 jam pelajaran)
e.Melakukan praktik menghafal rukun Islam (individu/kelompok);
f.Mengamalkan pelajaran yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari (individu).




3.Kegiatan Penutup
a.Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b.Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E.SUMBER BELAJAR
1.Buku paket PAI SD kelas I;
2.Moh. Masrun s., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas I; Jakarta : Erlangga; halaman 50-61;
3.Buku-buku referensi;
4.Alat-alat peraga : gambar tata cara salat.
F.PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.Teknik penilaian : Tes tertulis;
2.Bentuk instrumen : Pilihan ganda, dan isian
3.Instrumen :

A.Pilihlah jawaban yang paling benar !
1.
Rukun Islam artinya …
a. pokok ajaran Islam
b. bersuci
c. berdoa

6.
Melaksanakan salat wajib sehari semalam … waktu
a. 4
b. 5
c. 6
2.
Rukun Islam ada …
a. tujuh
b. enam
c. lima

7.
Rukun Islam ketiga adalah …
a. zakat
b. puasa
c. haji
3.
Islam artinya …
a. selamat
b. percaya
c. bersuci

8.
Pada bulan Ramadan orang Islam …
a. berhaji
b. berpuasa
c. makan terus
4.
Rukun Islam pertama adalah …
a. puasa
b. salat
c. syahadat

9.
Menunaikan haji di kota …
a. Semarang
b. Jakarta
c. Mekkah
5.
Melaksanakan salat adalah rukun Islam …
a. kedua
b. ketiga
c. keempat

10.
Orang yang beragama Islam disebut …
a. mukmin
b. muslim
c. mukminun

B.Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.Orang yang beragama Islam disebut …
2.Dua kalimah syahadat disebut …
3.Orang Islam yang meninggalkan salat akan mendapat …
4.Zakat fitrah diberikan kepada …
5.Melaksanakan puasa wajib pada bulan …
Kunci Jawaban
A.Pilihan ganda
1.a 6. b
2.c 7. a
3.a 8. b
4.c 9. c
5.a 10. b
Skor = Jumlah betul x 6 Skor maksimal = 60
B.Uraian
No.
Kunci Jawaban
Skor
1
Muslim
8
2
Syahadatain
8
3
Dosa
8
4
Fakir miskin
8
5
Ramadan
8

Skor maksimal
40

Lancar, Desember 2009
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,




WARNO, A.Ma.Pd. DARSON, A.Ma.
NIP. 19500302197306 1 001 NIP. 19800205 200903 1 001

No comments:

Post a Comment