Friday 21 August 2009

PROP. SKRIPSI

UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ)
J A W A T E N G A H D I W O N O S O B O
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN (FITK)
Terakreditasi B
Jl. Raya Kalibeber Km. 03  (0286) 5801623-321873 Fax. 323737 Wonosobo 56361


Nama : DARSON
NIM : 1606017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika


A.JUDUL
PENGARUH PENGGUNAAN KARTUN FISIKA DAN CHARTA DINAMIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 PADA MTS. WADASLINTANG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2008/2009.
B.LATAR BELAKANG
Sains selalu berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga sains bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip tertentu saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan (discovery). Pendidikan sains di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi salah satu wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan lingkungan sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pendidikan sains memberi penekanan khusus pada pemberian pengalaman langsung untuk menumbuhkembangkan kompetensi siswa agar mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan sains diarahkan untuk “mencari tahu” dan “berbuat” sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar (Depdiknas, 2003 : 6).
Mata pelajaran pengetahuan alam di SMP dikembangkan dengan mengacu pada pengembangan pengetahuan alam yang ditujukan untuk mendidik peserta didik agar mampu mengembangkan observasi dan eksperimentasi serta berpikir taat asas. Hal ini didasari oleh tujuan Pengetahuan Alam, yakni mengamati, memahami, dan memanfaatkan gejala-gejala alam yang melibatkan makhluk hidup dan proses kehidupan, materi dan sifatnya, bumi dan alam semesta, energi dan perubahannya. Kemampuan observasi dan eksperimentasi lebih ditekankan pada melatih kemampuan berfikir eksperimental yang mencakup tata laksana percobaan dengan mengenal peralatan yang dipergunakan baik di dalam laboratorium maupun di alam sekitar kehidupan peserta didik. (Depag RI, 2004 : 2).
Mata pelajaran fisika adalah salah satu rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan perpikir analitis induktif dan analitis deduktif dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan gejala dan persitiwa alam sekitar, baik secara kualitatif maupun kuantitatif dengan menggunakan matematika, serta dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap percaya diri.
Salah satu tujuan pembelajaran Pengetahuan Alam di SMP adalah memberikan pemahaman tentang berbagai macam gejala alam, prinsip dan konsep pengetahuan alam serta keterkaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat, memberikan pengalaman dalam merencanakan dan melakukan kerja ilmiah untuk membentuk sikap ilmiah. (Depag RI, 2004 : 244).
Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara liasan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Semuanya itu adalah serangkaian kerja ilmiah yang merupakan serangkaian ketrampilan proses yang membutuhkan media yang sesuai.
Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan bagian yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan belajar siswa. Suatu konsep akan lebih mudah dipahami dan diterima oleh siswa apabila disertai dengan pengamatan langsung baik melalui peragaan alat peraga atau media maupun dengan praktikum/eksperimen. Pengajaran dengan media tersebut juga dapat memberikan pengalaman tersendiri dari siswa sebagai bagian dari proses menemukan dan memahami suatu konsep atau teori.
Pengalaman banyak menunjukkan bahwa pada umumnya guru dalam pembelajaran sains banyak yang hanya menekankan pada pemberian informasi serta enggan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan alat peraga atau media serta kegiatan laboratorium. Kondisi ini juga terjadi di MTs. Hidayatussibyan Lancar Kec. Wadaslintang Kab. Wonosobo. Dari hasil observasi awal diketahui bahwa dalam proses pembelajaran sains di sekolah tersebut ditemukan beberapa permasalahan antara lain :
1.Metode dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran lebih cenderung menggunakan metode ceramah dengan pembelajaran searah serta variasi pembelajarannya masih kurang;
2.Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) kurang optimal yaitu hanya digunakan untuk latihan soal-soal saja dan belum digunakan sebagai media pengembangan pengalaman belajar siswa;
3.Penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal, sehingga siswa dihadapkan pada proses pembelajaran yang abstrak dan motivasi siswa untuk belajar sains masih belum memadai.
Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas, maka diperlukan kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam memahami konsep-konsep melalui pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai. Dengan menggunakan media pembelajaran diharapkan siswa dapat menggunakan potensi kognitif, afektif dan psikomotoriknya dengan lebih baik.
Adapun pemilihan materi …
C.RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dirumuskan masalah utama sebagai berikut : bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa? Masalah uatama tersebut di jabarkan menjadi beberapa masalah khusus yaitu :
1.Bagaimana pengaruh penggunaan kartun fisika terhadap hasil belajar siswa?
2.Bagaimana pengaruh penggunaan charta dinamis terhadap hasil belajar siswa?
3.Bagaimanakah efektifitas penenggunaan kartun fisika dalam proses pembelajaran?
4.Bagaimana efektifitas penggunaan charta dinamis dalam proses pembelajaran?
5.Kendala apa saja yang dialami siswa dalam pemanfatan kartun fisika sebagai media pembelajaran?
6.Kendala apa saja yang dialami siswa dalam pemanfatan charta dinamis sebagai media pembelajaran?
D.PENEGASAN ISTILAH
E.TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan memanfaatkan kartun fisika dan charta dinamis sebagai media pembelajaran. Tujuan khusus dari penelitian ini antara lain :
1.
F.MANFAAT PENELITIAN
G.KAJIAN PUSTAKA
H.METODE PENELITIAN
I.SISTEMATIKA SKRIPSI

1 comment:

  1. pak, saya tertarik dengan skripsi anda. itu mksudnya kartun dal bemntuk buku atau aplikasi?

    ReplyDelete