Friday 21 August 2009

RPP-2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : SD 2 LANCAR
Kelas/Semester : I / 1
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi : 4. Mengenal tata cara bersuci (taharah)
Kompetensi Dasar : 4.1. Menyebutkan pengertian bersuci
4.2. Mencontoh tata cara bersuci
Waktu : 9 Jam pelajaran ( 9 x @ 35 menit)
Indikator : 1. Mampu mengetahui pengertian bersuci
2. Mengetahui jenis-jenis air untuk bersuci
3. Mampu menyebutkan contoh-contoh bersuci
4. Mengerti tata cara bersuci yang benar
A.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Siswa mampu menyebutkan pengertian bersuci dengan benar;
2.Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis air untuk bersuci dengan benar;
3.Siswa mampu menyebutkan contoh-contoh bersuci dengan benar;
4.Siswa mampu mengerti tata cara bersuci dengan benar.

B.MATERI PEMBELAJARAN
Taharah artinya bersuci, bersuci dari kotoran atau najis yang menempel. Allah sangat menyayangi orang-orang yang bersuci, suci anggota badan dan juga pakaian. Bersuci banyak macamnya, mandi dan wudu, tayamum dan istinja, juga mencuci pakaian sebelum kita shalat kita harus wudu atau tayamum agar badan suci.
C.METODE PEMBELAJARAN
1.Model : Direct Instruction (DI);
2.Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
D.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.Kegiatan Pendahuluan
a.Apersepsi : Apa tujuan kita mandi 2 kali sehari?
b.Motivasi : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan taharah penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (3 jam pelajaran)
a.Membaca cerita-cerita tentang tata cara bersuci;
b.Membaca pengertian bersuci;
c.Membedakan jenis-jenis air dan fungsinya untuk berfungsi;
Pertemuan ke-2 (3 jam pelajaran)
d.Membaca cerita tentang cara hidup bersih;
e.Mempelajari macam-macam bersuci;
Pertemuan ke-3 (3 jam pelajaran)
f.Mempelajari tata cara bersuci yang dibenarkan;
g.Menebak gambar amalan bersuci yang dibenarkan agama.
3.Kegiatan Penutup
a.Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b.Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E.SUMBER BELAJAR
1.Buku paket PAI SD kelas I;
2.Moh. Masrun s., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas I; Jakarta : Erlangga; halaman 40-59;
3.Buku-buku referensi;
4.Alat-alat peraga : gambar tata cara bersuci
F.PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.Teknik penilaian : Tes tertulis;
2.Bentuk instrumen : Pilihan ganda, dan isian
3.Instrumen :
A.Pilihlah jawaban yang paling benar !
1.
Taharah artinya …
a. mandi
b. buang air
c. bersuci

6.
Sehari kita mandi …
a. sekali
b. dua kali
c. lima kali
2.
Air yang suci untuk taharah adalah …
a. air kopi
b. air sungai
c. air teh

7.
Kita mandi memakai air …
a. kotor
b. najis
c. bersih dan suci
3.
Air laut adalah air …
a. kotor
b. najis
c. suci

8.
Air salju dapat dipakai untuk …
a. minum kopi
b. menyiram tanaman
c. bersuci
4.
Air danau adalah air …
a. kotor
b. najis
c. suci

9.
Tayamum menggunakan …
a. air sumur
b. debu yang suci
c. tisu
5.
Air comberan adalah air …
a. bersih
b. najis
c. suci

10.
Agar pakaian bersih harus di …
a. cuci
b. pakai
c. rendam

B.Jawablah dengan jawaban yang benar !
1.Kenapa kita harus mandi setiap hari?
2.Air apa saja yang dapat dipakai untuk bersuci?
3.Deangan apa kita berwudu?
4.Kenapa pakaian kita harus bersih?
5.Bolehkah kita mandi dengan air kotor?
Kunci Jawaban
A.Pilihan ganda
1.c 6. b
2.b 7. c
3.c 8. c
4.c 9. b
5.b 10. a
Skor = Jumlah betul x 6 Skor maksimal = 60
B.Uraian
No.
Kunci Jawaban
Skor
1
Agar tubuh kita bersih dan sehat
8
2
Air sumur, kali, danau, laut, hujan, dll yang bersihdan suci
8
3
Air yang suci
8
4
Agar tidak kena penyakit dan syahdalam shalat
8
5
Tidak boeh
8

Skor maksimal
40

Lancar, November 2009
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,



WARNO, A.Ma.Pd. DARSON, A.Ma.
NIP. 19500302197306 1 001 NIP. 19800205 200903 1 001
 

No comments:

Post a Comment