Saturday 21 November 2009

RPP PAI SD KELAS 6 SK. 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Sekolah : SD 2 LANCAR WADASLINTANG
Kelas/Semester : VI / 1
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Standar Kompetensi : 5. Mengenal ibadah pada bulan ramadan
Kompetensi Dasar : 5.1. Melaksanakan tarawih di bulan ramadan
5.2. Melaksanakan tadarus al-Quran
Waktu : 12 Jam pelajaran ( 12 x @ 35 menit)
Indikator : 1. Pengertian salat tarawih
2. Tata cara melaksanakan salat tarawih
3. Bertadarus al-Quran pada bulan Ramadan
4. Membiasakan bertadarus al-Quran ketika puasa

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu menyebutkan pengertian salat tarawih dengan benar;
2. Siswa mampu menyebutkan tata cara melaksanakan salat tarawih dengan benar
3. Siswa mampu bertadarus al-Quran pada bulan Ramadan dengan benar;
4. Siswa mampu membiasakan bertadarus al-Quran ketika puasa dengan benar;
B. MATERI PEMBELAJARAN
Salat tarawih dilakukan 8 rakaat ditambah 3 rakaat salat witir atau 20 rakaat di tambah 3 rakaat salat witir. Amalan lainnya pada bulan Ramadan misalnya adalah bertadarus al-Quran.
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Model : Direct Instruction (DI);
2. Metode : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi : Berapa rakaat kamu salat tarawih?
b. Motivasi : Memotivasi siswa tentang pentingnya pengetahuan tentang salat tarawih dan tadarus serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 dan ke-2 (6 jam pelajaran)
 Siswa membaca dan menelaaah literatur yang berkaitan dengan shalat tarawih;
Pertemuan ke-3 dan ke-4 (6 jam pelajaran)
 Siswa membuat agenda atau jadwal tadarus al-Quran.
3. Kegiatan Penutup
a. Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru;
b. Guru memberikan penghargaan atau pujian kepada siswa-siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
E. SUMBER BELAJAR
1. Buku paket PAI SD kelas 6;
2. Moh. Masrun S., dkk; Senang Belajar Agama Islam untuk Sekolah Dasar Kelas 6; Jakarta : Erlangga; halaman 51-62
3. Buku-buku referensi;
4. Alat-alat peraga : lukisan orang salat tarawih.
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik penilaian : Tes tertulis;
2. Bentuk instrumen : Pilihan ganda, dan isian
3. Instrumen :
A. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Mengerjakan salat tarawih hukumnya …
a. sunah
b. wajib
c. sunah muakkad
d. haram 6. Siapa yang membaca al-Quran 1 huruf, maka akan dilipatgandakan …
a. 10 kali
b. 20 kali
c. 70 kali
d. 100 kali
2. Berikut ini yang termasuk jumalh rakaat salat tarawih adalah …
a. 20
b. 25
c. 26
d. 33 7. Bacalah al-Quran karena di hari kiamat akan memberikan syafaat bagi yang …
a. mengerjakannya
b. membacanya
c. menjualnya
d. membelinya
3. Salat tarawih dikerjakan pada bulan …
a. ramadan
b. Rajab
c. Rabiulawal
d. syawal 8. Al-Quran diturunkan pertama kali pada bulan …
a. rajab
b. syawal
c. Ramadan
d. Sya’ban
4. Ibadah yang paling utama adalah …
a. salah wajib
b. salat tarawih
c. salat sunah
d. membaca al-Quran 9. Fungsi diturnkannya al-Quran adalah sebagai berikut, kecuali …
a. petunjuk bagi manusia
b. pembeda antara yang hak dan batil
c. untuk dibaca
d. pedoman hidup manusia
5. Sebaik-baik kaum adalah yang belajar al-Quran dan …
a. mengulang-ulangnya
b. mengajarkannya
c. menghafalkannya
d. melagukannya 10. Ketika membaca al-Quran harus dengan …
a. pakaian yang bagus
b. tartil
c. teman
d. suara yang bagus


B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Bulan Ramadan adalah bulan yang paling …
2. Hukum melakukan salat tarawih adalah …
3. Jumlah rakaat salat sunah tarawih adalah … atau …
4. Syarat dan rukun salat tarawih … dengan salat biasa
5. Salat tarawih boleh dilakukan dengan cara …. maupun ….
Kunci Jawaban
A. Pilihan ganda
1. a 6. a
2. a 7. b
3. a 8. c
4. d 9. c
5. b 10. b
Skor = Jumlah betul x 6 Skor maksimal = 60
B. Isian
No. Kunci Jawaban Skor
1 Istimewa 8
2 Sunah
3 8 atau 20 8
4 Sama 8
5 Berjamaah maupun sendiri 8
Skor maksimal 40

Lancar, Desember 2009
Mengetahui,
Kepala SD 2 Lancar, Guru PAI SD 2 Lancar,




WARNO, A.Ma.Pd. DARSON, A.Ma.
NIP. 19500302197306 1 001 NIP. 19800205 200903 1 005

No comments:

Post a Comment